TIP’S JIKA TERSESAT DIHUTAN

Usahakan anda telah mendapatkan informasi gambaran tentang keadaan hutan sebelumnya, terutama yang berbahaya dari hutan tersebut, dan jangan terpisah dari kelompok. Banyak orang yang sendirian bertindak aneh, putus asa, hilang dan bertindak irasional ketika di tengah hutan.

Usahakan  kembali ke jalan sebelumnya untuk mengingat jalan yang telah dlalui.

Hal yang anda sadari adalah anda tetap sadar dalam keadaan tersesat, lebih banyak orang akan melawan keadaan tersebut. Periksa kembali persediaan kelengkapan anda (makanan,pakaian,korek api dan apapun yang telah tersedia).

Untuk mencari air, maka perhatikan suara burung berkicau atau suara binatang yang terdapat didalam hutan, karena tidak terlalu jauh dari suara tersebut terdapat sumber air dimana tempat berkumpulnya binatang.air  dapat membuat anda bertahan hidup lebih lama.  Jangan makan buah dihutan sembarangan, banyak para pakar membuat kesalahan dalam mengidentifikasi buah yang dapat dimakan, anda harus ingat bahwa tidak ada siapapun yang menemukan anda dihutan.

Jika keadaan membuat kita terpaksa untuk bermalam di hutan, kita harus siapkan tempat berlindung yang terbuat dari ranting dan daun-daun,  mengumpulkan kayu bakar sebanyak-banyaknya. Yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan tempat beristirahat adalah terhindar/terhalang dari angin, jangan berbaring di tanah yang dingin tanpa alas, karena anda dapat kehilangan panas tubuh anda.

Jika tiba tengah malam, anggaplah keadaan itu siang hari, karena itu bisa membantu psikologis anda melawan rasa takut malam hari. Banyak suara suara nyaring pada malam hari, dan bahkan ada hewan yang suka berjalan dan mengeluarkan suara nyaring di atas ranting, seperti suara tupai, musang, dan usahakanlah anda tetap tenang hingga malam berlalu.

Untuk mencari arah mata angin, perhatikan arah matahari. Namun jika matahari berada di tengah, cuaca mendung atau tertutup hutan yang lebat kita bias mencari kiat lain dengan memperhatikan ujung tajuk/pohon tersebut yang pada umumnya menghadap kearah timur. Pada pohon besar pada umumnya terdapat lumut di bagian bawah/tengah pada batang pohon, lumut tersebut lebih banyak tumbuh dan berkumpul di tempat arah matahari terbit.

Tips dari Http://www.resortpembuanghulu.blogspot.com

tinggalkan Pesan/Saran anda di Kotak Komentar / Buku Tamu guna perbaikan blog ini.