Pengamatan Tengkawang.


RESUME HASIL KEGIATAN PENGAMATAN FLORA DAN FAUNA 
JENIS TENGKAWANG ( Shorea sumatrana
BULAN JANUARI, RESORT PEMBUANG HULU,
SPTN WILAYAH I .



Lokasi Pengamatan berada di blok AG.09, Resort Pembuang Hulu, SPTN Wilayah I Pembuang Hulu, Ketinggian tempat lokasi berdasarkan GPS Garmin 60 adalah 21-28 mdpl.

Perjalanan menuju Lokasi blok AG 9, kurang lebih 9 Km.


Peletakan nomor pohon pada pohon tengkawang



 Tipe Vegetasi Hutan di lokasi pengamatan adalah: Hutan Rawa gambut dan hutan campuran.  Pohon Tengkawang. tumbuh pada daerah natai dan pinggir-pinggir rawa.

Pohon Tengkawang ini memiliki kulit batang licin bergelang, kulit luar berwarna abu-abu sampai kecoklatan, kulit dalam berwarna oranye sampai merah kecoklatan, kulit batang akan mengelupas pada Ø  > 35 cm.


daun, kulit, getah, dan banir tengkawang.

Pohon ini memiliki getah damar bening, jika beroksidasi berwarna putih, biji tengkawang dapat dimanfaatkan untuk dibuat minyak tengkawang.

Pohon Tengkawang berbanir pendek, banir mulai tumbuh apabila Ø diatas 35 cm, bentuk banir pada pohon tengkawang adalah banir papan.

Daun bagian atas licin, daun bagian bawah berbulu halus sampai dengan bagian ranting, jumlah urat daun sekunder 10-12, panjang daun 14-18 cm, lebar daun 6-9 cm. bentuk daun elips, tangkai daun  membesar di bagian pangkal tangkai daun.
Daun penumpu berwarna merah panjang daun penumpu bias sampai 10 cm.

Pohon ini termasuk jenis yang dilindungi berdasarkan PP RI nomor 7 tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa.
 kura-kura, sarang laba-laba tanah, jejak kancil dan bekas cakar beruang.
L
Luas areal pengamatan pohon Tengkawang di blok AG.09 adalah 40 Ha ( 400 x 1.000 m) dan data yang dimasukkan ke dalam tally sheet adalah pohon yang memiliki diameter diatas 20 cm.

diameter pohon terlebar  adalah 97 cm, dan  tertinggi  adalah 24 m.  Pengukuran tinggi menggunakan skala perbandingan system geometri, dengan membuat alat tinggi Crysten Hisopmeter.

Tidak ada komentar:

tinggalkan Pesan/Saran anda di Kotak Komentar / Buku Tamu guna perbaikan blog ini.