Gambaran Umum Resort Pembuang Hulu

SPTN Wilayah I Pembuang Hulu mempunyai luasan 61.020,62 ha, terdiri dari 3 pengelolaan Resort, yaitu Resort Sungai Kole 14.806,45 ha, Resort Pembuang Hulu memiliki luasan 25.352,74 ha, dan Resort Telaga Pulang 22.681,43 ha.

Adapun wilayah kerja Resort Pembuang Hulu meliputi: Pos Hanau, Simpang Bangkok, Simpang Janda, M 51, Tengkawang, Kancil, dan Sungai Bulin. Desa yang berada di sekitar Resort Pembuang Hulu adalah: Desa Pembuang Hulu I, Bahaur, Parang Batang, Tanjung Hanau, Natai Kerbau, dan Paring Jaya.

Pengelolaan Resort Pembuang Hulu di kelola oleh 3 personil yang ditunjuk dari BTNTP, terdiri dari 1 orang PEH dan 2 orang Polhut.
Dalam pelaksanaan kesehariannya didampingi dari Mitra BTNTP, yaitu OFI (Orangutan Foundation Indonesia), yang bertempat di 3 Pos, yaitu:
1. Pos Kerantungan ( Tempat Rehabilitasi Orangutan ) terdiri dari 4 orang petugas OFI,
2. Pos 51 ( Pusat Informasi OFI wilayah timur ) terdiri dari 2 orang petugas OFI,
3. Pos Tengkawang (Eks penambangan Puya) terdiri dari 1 orang petugas OFI.
4. Pos natai Tengah ( Hulu Sungai Sekonyer ) terdiri dari 2 Orang petugas OFI.
5. Pos Setiung ( desa Baung ) terdiri dari 1 orang Petugas OFI.

Resort Pembuang Hulu memiliki keanekaragaman flora diantaranya:
Tengkawang (Shorea sp.), Ulin (Eusideraxylon zwageri), Lanan (Shorea sp.), Kerantungan (Durio oxleyanus), Rengas (Gluta rengas), Gaharu (Aquilaria malacensis), dll.
Adapun jenis-jenis fauna adalah: Orangutan (Pongo pygmaeus), Beruang Madu (Helarctor malayanus), Kelasi (Presbytis rubicunda), Uwa-uwa, dan Kancil (Tragulus javanicus).

Tidak ada komentar:

tinggalkan Pesan/Saran anda di Kotak Komentar / Buku Tamu guna perbaikan blog ini.